AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Nasi Kentut Khas Medan yang Menyehatkan

nasi kentut khas medan yang menyehatkan
Sumber gambar : phinemo.com

Apa yang terbayang saat membaca judul di atas? Mungkin ada yang merasa agak-agak ilfil gitu, ya. Kata ‘kentut’ di telinga banyak orang biasanya berkonotasi negatif. Apa enggak ada nama yang lebih enak didengar? 

Mengenal Nasi Kentut Khas Medan

Sebenarnya mungkin bisa juga, ya, diberi nama yang lebih keren gitu. Nasi gurih atau nasi apa gitu. Namun, mungkin terasa agak kurang ‘menjual’ dan membuat penasaran, kan. Atau bisa jadi lebih mudah untuk diingat dan diucapkan. Jadi, seperti apa sih nasi kentut ini? Pengin tahu, kan? 

Daun Kentut

Sebenarnya ada, loh, yang namanya daun kentut itu. Nama latin dari daun ini adalah Paederia foetida L. Di Jawa dikenal dengan nama daun sembukan. Orang Sunda menamakannya kahitutan. Nah, masyarakat Sumatera menyebutnya daun kentut. Di daerah lain pun mungkin mempunyai nama yang berbeda pula.

Mengapa disebut dengan daun kentut karena memang memiliki aroma yang tidak sedap mirip seperti bau kentut manusia. Nah, nama Nasi Kentut ini berasal dari jenis daun yang digunakan sebagai campuran nasi saat memasak, yaitu daun kentut. 

Nasi Kentut yang Menyehatkan

Meskipun memiliki nama yang agak yang kurang enak didengar, kuliner Nasi Kentut punya cita rasa lezat dan banyak manfaat bagi kesehatan, loh. Manfaat ini didapat dari daun kentut yang memang kaya manfaat.

Tumbuhan sembukan alias daun kentut merupakan salah satu tumbuhan yang dapat digunakan sebagai bahan obat tradisional. Daun kentut dipercaya memiliki banyak khasiat. Khasiat yang paling terkenal adalah dapat melancarkan pencernaan karena mengandung banyak serat yang diperlukan tubuh. Dipercaya juga bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Seperti sariawan, sakit lambung, mengatasi perut kembung, dan lain-lain.

Selain daun kentut,  ada bumbu lain yang dipakai untuk memasak nasi kentut, seperti kunyit, yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain untuk campuran nasi, daun kentut sendiri bisa dijadikan lalapan dan sayur. Jadi tambah sehat, kan makan sajian dari daun kentut? 

Khas Medan

Nasi yang bercita rasa lezat ini dikenal sebagai makanan khas Medan. Jalan-jalan ke kota ini katanya tak akan terasa lengkap tanpa mencicipi kuliner yang satu ini. Nasi Kentut biasanya disajikan dengan lauk ikan pepes, ayam gulung, ikan teri, tumis sayur, tahu atau tempe. Jadi hampir mirip dengan nasi kucing yang ada di angkringan Yogya, ya.

Cara Memasak Nasi Kentut

Nasinya pulen dan rasanya unik, jauh dari bau tak sedap sebagaimana bayangan kita. Rasa unik nasi kentut ini diperoleh dari proses memasaknya. Nasi putih biasa dimasak dengan campuran daun kentut, ditambah bumbu rempah-rempah yang gurih, lalu dibungkus dengan daun pisang dan dikukus, lalu dibakar. Aromanya wangi dalam balutan daun pisang, khas, dan sangat menggoda.

Saat bungkusan daunnya dibuka, tampak nasi yang disajikan berwarna kehijauan, sedap dan menggiurkan. Apalagi jika disajikan dengan berbagai lauk pauk pelengkap dan ditambah dengan sambal terasi atau sambal ijo. Yummy!

Harga Seporsi Nasi Kentut

Harga satu porsi nasi kentut khas Medan ini pun sangat bersahabat, berkisar antara 5 ribu rupiah hingga 20 ribu rupiah saja. Sangat terjangkau pastinya. Di kota Medan sendiri bertebaran rumah makan atau warung-warung kecil yang menjual Nasi Kentut ini. Jadi, jika ke Medan tak perlu ragu untuk mencoba nasi kentut ini. Selain enak dan gurih, daun sembukan pun sangat baik bagi kesehatan, bukan? 

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar